Contoh Generate and Test

Berikut ini adalah contoh penyelesaian kasus algoritma Generate and Test dengan mengadaptasi
situasi dan kondisi bus Trans Jogja. Gambar 4 dibawah ini menggambarkan kasus yang akan
diselesaikan.

                             
Gambar 4  Contoh Kasus
Pencarian dilakukan dari titik A menuju titik C dengan daftar trayek :
- 1A melewati halte: A , D, dan C - 2A melewati halte : A, E, D, dan C - 1B melewati halte : B dan D - 2B melewati halte : A dan B - 3A melewati halte : B, C dan E
Waktu jeda 1A = 5 menit, 1B = 5 menit, 2A = 7 menit, 2B = 10 menit, dan 3A = 7 menit. 

Daftar waktu yang dibutuhkan adalah :
Berikut ini adalah langkah-langkah penyelesaian kasus di atas adalah :
1. Menjabarkan satu per satu kemungkinan yang ada. Gambar 5 menggambarkan proses
penjabaran satu per satu kemungkinan yang ada.


Gambar 5. Pohon Penyelesaian

2. Membuat daftar tabel beserta perhitungan jarak dan waktu untuk setiap jalur yang telah dilewati.
Tabel 1 Tabel Alur Pencarian Jarak


Tabel 2 Alur Pencarian Waktu

3. Dari Tabel 1 ditemukan rute terpendek berdasarkan jarak adalah A – D – C dengan total jarak
10 km. Rute alternatif 1 adalah  A – B – C dengan total jarak 11 km. Rute alternatif 2 adalah A
– E – B – C  dengan total jarak 11 km.

4. Dari Tabel 2 ditemukan rute terpendek berdasarkan waktu adalah A – D – C dengan total waktu
13 menit. Rute alternatif 1 adalah  A – B – C dengan total waktu 15 menit. Rute alternatif 2
adalah A – E – B – C  dengan total waktu 15 menit.
                                       



5. Setelah melakukan perhitungan jarak dan waktu, langkah selanjutnya adalah menentukan trayek
bus yang digunakan pada masing-masing rute. Tabel 3 menunjukkan penentuan trayek pada
masing – masing rute.


Berdasarkan analisis perhitungan yang dilakukan maka rute terpendek berdasarkan jarak
adalah A – D – C dengan total jarak tempuh 10 km tanpa perpindahan.
Berdasarkan analisis perhitungan yang dilakukan maka rute terpendek berdasarkan waktu
adalah A – D – C dengan total waktu tempuh 13 menit tanpa perpindahan trayek.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REPRESENTASI PENGETAHUAN

Metode Pencarian dan Pelacakan 2 (Heuristik)